Catatan Rilis BlankOn 4.0

Catatan Rilis BlankOn 4.0

BlankOn Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.

Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

BlankOn 4.0 Meuligoe yang menggunakan kata “Meuligoe” sebagai nama kodenya, dibuat dengan menggunakan Ubuntu Intrepid Ibex (8.10) sebagai basis utamanya.

Kata Meuligoe (cara baca: meu-ligo) berdasarkan kutipan resmi Kamus Bahasa Aceh merupakan tempat kediaman, atau bangunan tambahan yang terdapat pada bangunan utama, yang biasanya terdapat di bagian paling depan dari sebuah bangunan (teras) tanpa dinding dengan tiang pilar yang banyak, yang fungsi utamanya untuk memuliakan tamu yang berkunjung, dan juga bisa digunakan sebagai tempat bertukar pikiran (Sumber: Bukhari Daud dan Mark Curie). Meuligoe kadang juga bisa diartikan sebagai istana. Namun ada juga yang mengistilahkan Meuligoe sebagai pendopo. Dari sumber yang bisa dipercaya mengatakan Meuligoe itu memiliki arti mahligai, dipakai sebagai sebutan untuk Istana Aceh (Meuligoe Aceh), yang sebelumnya disebut Darut Donya.

Meulige diproyeksikan menjadi tolak ukur perkembangan pemanfaatan penggunaan Perangkat Lunak Bebas/Terbuka (Open Source Software) di Aceh dan diharapkan mempermulus agenda migrasi OSS seperti yang direncanakan. Di samping itu perkembangan Meuligoe juga diharapkan dapat membantu/mendukung secara keseluruhan terciptanya masyarakat madani di Indonesia yang bersahaja dalam penggunaan perangkat lunak.

BlankOn 4.0 Meuligoe memiliki dua varian untuk dapat menjangkau pengguna komputer dari tipe mutakhir hingga para pengguna komputer lama yang memiliki keterbatasan. Varian-varian tersebut diberi nama Standar dan Minimalis. BlankOn 4.0 Meuligoe memiliki dua alternatif instalasi yaitu Live CD dan alternate (instalasi dalam mode teks).

Dalam BlankOn 4.0 Meuligoe ini BlankOn mendapatkan bantuan dari Yayasan Air Putih dan YPLI untuk mengadakan Tantangan BlankOn 2009 yang ditujukan kepada masyarakat umum.

0 Responses

Posting Komentar

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service


  • ShoutMix chat widget


    .

    backling boomber

    backlink generator software
    0komentar adalah akan all anda aplikasi asik atau berada besar bisa blog broom cara card cards cek chaos dan def dengan di disini download file forbidden game hamachi hanya harus hasil im2 ini internet itu jalan jika joey kamu kartu ke kecepatan lebih link maka mb melawan mengunduh miftahul namun orang pack pada paket passion pelanetilmublogspot pengguna pertamaxroom posting power program rank readmore ribu rp saat saja salah sampai satu sebelum sebesar sebuah semua seperti server setelah setingan starter tahun tak telah tengah tersebut threshold tidak untuk versi yang yg yugi yugioh 1 2 3 4 123server 4000 4000atribute 9658160