Tantang Apple, CEO RIM Bilang 'Web' Tak Butuh Aplikasi

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Persaingan di pasar tablet komputer bakal makin kompetitif setelah Research In Motion atau RIM masuk dengan BlackBerry PlayBook. Perangkat ini banyak disebut-sebut akan menjadi pesaing ketat iPad buatan Apple.

CEO RIM Jim Balsillie bahkan berani menantang Apple meski jumlah aplikasi yang bisa bekerja di perangkat tersebut bakal jauh lebih sedikit dibandingkan iPad yang satu platform dengan iPhone dan iPod Touch. Dalam konferensi Web 2.0 di San Francisco, AS, CEO RIM sesumbar.

Menurutnya, BlackBerry PlayBook akan menjadi perangkat terbaik untuk mengakses semua layanan web sehingga tidak tergantung pada ada atau tidaknya aplikasi. Bahkan, ia mengklaim perangkat tersebut dapat mengakses web tiga hingga empat kali lipat ketimbang iPad. Ia mengakui, aplikasi masih memegang peranan besar saat ini. Namun, layanan berbasis web menurutnya tetap menjadi cara terbaik untuk menyajikan informasi di perangkat mobile.

"Anda tidak perlu menggunakan software development kit. Inilah pesan inti yang kami tekankan. Anda dapat menggunakan lingkungan pengembangan yang sudah ada," kata Balsillie, dilansir situs the Telegraph, Rabu (17/11/2010). Ia mengatakan, pembuat konten tak perlu repot-repot harus membuat versi khusus untuk bisa diakses konsumen.

Seperti dikabarkan, perang kata-kata antara pejabat Apple dan RIM mulai memanas sejak BlackBerry PlayBook diumumkan. Sebelumnya, CEO Apple Steve Jobs juga sesumbar bahwa penjualan perangkat berbasis iPhone OS berhasil melampaui penjualan BlackBerry pada kuartal terakhir dan menyatakan bahwa RIM tidak akan mengejar Apple. Pernyataan tersebut sempat dibantah balik oleh Balsillie dengan alasan bahwa laporan yang dipakai Apple berbeda periode dengan laporan yang digunakan RIM.

0 Responses

Posting Komentar

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service